Jelajah
IMG-LOGO
Berita Kegiatan

Bulan Imunisasi Anak Nasional, Balita Ramai Mendatangi Balai Desa

Create By Suyati 23 August 2022 142 Views
IMG

 

Riuh isak tangis memenuhi ruangan aula balai desa. Selasa (23/08) Pemerintah Desa Kalibening kembali mengadakan kegiatan massal, berupa imunisasi untuk seluruh balita Kalibening serta pendataan dan pengecekan data PTM (Penyakit Tidak Menular) dalam rangka mewujudkan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional).

 

Kurang lebih 80 balita diberikan beberapa jenis imunisasi, diantaranya Campak Rubella yang menyasar usia 9 – 59 bulan, imunisasi kejar yang berupa Polio, IPV, dan DPT-HB-HIB pada anak usia 12 – 59 bulan oleh Dinas Kesehatan yang dibantu oleh KKN UNY, dimulai pukul 07.30 WIB sampai 11.30 WIB. Kepolisian setempat turut serta mengamankan kegiatan ini.

 

Dikutip dari beberapa sumber, kegiatan BIAN dilakukan secara bertahap di seluruh provinsi di Indonesia selama satu bulan dengan tujuan untuk mengejar cakupan imunisasi yang rendah sebagai akibat dari pandemi COVID-19 yang menyebabkan terjadinya kesenjangan imunitas dan meningkatnya KLB (Kasus Kejadian Luar Biasa).

 

Berdasarkan data, lebih dari 1,7 juta bayi di Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi dasar selama periode 2019-2021, dengan 37,5 bayi berasal dari wilayah Jawa dan Bali.

 

Sumber tambahan: http://p2p.kemkes.go.id/menkes-dan-gubernur-jabar-canangkan-bian-tahap-ii-sebagai-momentum-mengejar-imunisasi-lengkap-pada-anak/

 

Reporter: Resti Damayanti